Apa Itu “Pathfinder” ???




Dalam dunia perpustakaan kita mengenal yang namanya panduan pustaka atau library pathfinder. Tapi tak banyak yang tahu tentang pathfinder, bagi orang-orang yang tidak berkecimpung di dunia perpustakaan. Kata pathfinder akan menjadi sedikit asing di telinga mereka.  Kali ini,  akan mengulas tentang apa itu pathfinder.



ini contoh isi dari pathfinder


Pathfinder merupakan sebuah panduan untuk membantu melakukan penelusuran tentang buku-buku atau dokumen-dokumen terkait. Penggagas dari library pathfinder adalah Charles H. Stevens, seorang asociate director dari Library development, Project Intrex, Massachusets Institute of technology (MIT) amerika serikat. Pathfinder memudahkan para pengguna perpustakaan untuk menemukan informasi. Saat ini telah banyak perpustakaan yang menyediakan layanan khusus berupa penyediaan pathfinder di bagian referensi agar memungkinkan pemustaka melakukan penelusuran secara mandiri, dan memberikan informasi bagaimana menelusur mengenai sebuah subjek di sebuah perpustakaan,  data yang tercantum dalam pathfinder merupakan deskripsi bibliografi bahan pustaka dan cakupan yang berisi informasi dasar mengenai sebuah subjek namun tidak secara mendalam.
Dapat dikatakan pula, pathfinder merupakan bentuk atau hasil kreativitas pustakawan dalam menyajikan informasi, atau membuat  sarana temu kembali, yang dikemas secara apik dan menarik. 

Saat ini juga terdapat pathfinder dalam bentuk online. Berikut beberapa link yang dapat sobat kunjungi untu melihat bentuk pathfinder online dari beberapa lembaga:
1.      Pathfinder for women history (ALIC Pathfinder)
2.      De La Salle University Library (DLSU Library)
3.      Internet Public Library (IPL Pathfinder)

*berbagai sumber

2 komentar: